Kamis, 17 Oktober 2013

Krisis moral pada kalangan remaja

Krisis moral pada kalangan remajaAkhirnya gue nulis postingan blog lagi setelah berminggu-minggu postingan blog gue nggak diperbaharui dan udah banyak sarang laba-laba bertebaran di mana-mana.  Gue sebenernya udah lama banget pengen perbarui postingan blog, tapi apa daya, selain nggak ada pulsa modem, gue juga nggak punya ide. Ya, intinya gue emang males mikir. Jangan ditiru. :')

Sebenernya gue bingung mau nulis apaan, namanya juga nggak punya ide. Tapi gue usahain buat mesin-mesin diotak gue bekerja, kasihan males-malesan mulu.

Okee,lanjutt ya \(^_^)/
Sebenernya gue bingung sama anak muda jaman sekarang yang demen ngelakuin hal yang aneh-aneh yang bisa merusak dirinya sendiri dan bisa merusak masa depannya.

Kenakalan remaja berupa krisis moral para remaja merupakan masalah yang telah meluas dan secepatnya harus segera diselesaikan, jika tidak segera diselesaikan bisa bahaya seperti yang gue katakan tadi bisa merusak masa depannya atau bisa juga masa depan bangsa kita. #eea

krisis moral yang sering terjadi yang sering gue jumpai misalnya tentang perilaku sehari-hari yang telah menyimpang, misal tidak sopan kepada orang yang lebih tua, tidak mentaati tata tertib sekolah, merokok, dan lain-lain.

gue sering banget ketika ke toilet lihat kakak kelas di dalam toilet bertiga ,ngapain mereka di toilet sampe bertiga ? yaa,ngapain lagi kalo bukan ngerokok. Gila kan! Iya gila! Menurut gue sih gila, emang nggak ada waktu lain ya, pulang sekolah kan bisa ngerokok sepuasnya. Yang paling parahnya mereka ngerokok nya sambil duduk di toilet, kan kotor. Gue prihatin sama mereka :’)
Krisis moral pada kalangan remaja
Krisis moral pada kalangan remaja

Bukan itu saja, anak pada usia sekolah atau remaja sudah banyak yang mengenal narkoba dan seksual.
Mereka bebas bergaul tanpa ada batasan – batasan dan etika.

Gue juga sering lihat di jalanan segerombolan ABG yang mengenakan atribut – attribut metal, memakai celana hitam ketat, telinga diberi banyak anting, rambut digimbal dan tertawa terbahak – bahak mengumpat kata – kata kotor dan merokok bergantian seolah ingin unjuk gigi, biasanya disebut anak PUNK.
Krisis moral pada kalangan remaja



 faktor penyebab krisis moral remaja :

1.faktor internal
Misalnya :
  • keluarga
    Keluarga pan mempunyai fungsi sebagai pengawas sosial, keluarga memberi pengertian kepada semua anggota keluarga tentang peranannya, baik di dalam maupun di luar rumah atau dalam masyarakat.

    Namun, melihat perkembangan zaman sekarang banyak orang tua yang lebih mengedepankan kepentingan pekerjaan daripada kepentingan anak, sehingga banyak remaja yang kurang perhatian dan merasa bebas mengatur jalan hidupnya sendiri. Orang tua mengedepankan kepentingan pekerjaan daripada kepentingan anaknya karena orang tua sudah memberi kepercayaan kepada anaknya dan mereka(red:orangtua) sudah menganggap kalo anaknya sudah bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. 
    Tapi anak muda sekarang mikirnya nggak kayak gitu, mereka menganggap kalau orang tuanya udah nggak peduli terhadap mereka. Padahal orang tuanya bersikap seperti itu juga untuk membiayai sekolah anaknya.

2. Faktor Eksternal
  •  Pengaruh lingkungan tempat tinggal
    Lingkungan tempat tinggal sangat berpengaruh dalam perkembangan moral remaja. Tempat tinggal merupakan tempat bergaul yang nyata.
  • Lingkungan bergaul
    Pergaulan juga merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya krisis moral remaja. Seseorang yang bergaul dengan teman-teman yang berperilaku buruk, maka dia juga akan terseret ke dalamnya.

Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencegah krisis moral remaja:
  1. adanya motivasi dari keluarga, guru, dan teman sebaya
  2. Remaja harus pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orang tua memberi arahan dengan siapa dan di komunitas mana remaja harus bergaul
 SARAN
  1.  Remaja hendaknya dapat membatasi diri dari hal-hal negatif yang termasuk dalam kenakalan remaja.
  2. Lingkungan hendaknya mendukung secara moral agar para remaja tidak terjerumus ke dalam kenakalan remaja.
  3. Pemerintah, guru, dan orang tua hendaknya memberikan pengarahan bagi para remaja dan membimbing para remaja ke dalam kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat.

Oke, kayaknya segitu aja deh gue udah nggak kuat. Dan gue mau kasih tau kalo sebenernya gue  juga masih remaja. Haha! 

Kemaren ketika upacara seperti biasanya pan pasti ada amanat, berhubung gue barisan paling depan karena gue pendek, gue dengerin sampe selesai amanat dari pembina upacara yang membahas tentang yang gue posting ini “Krisis moral pada kalangan remaja  menurut gue bagus, yah gue posting aje.

Semoga tulisan ini bermanfaat buat yang baca. Maaf kalau ada kesalahan kata atau kesalahan lainnya.  Gue juga manusia kok :’)
Kalo mau kasih kritik yang pedes yang manis yang asin, cuuus monggo kasih kritikannya di komentar.

Bye \(^o^)/


sumber gambar :



13 komentar:

  1. Lingkungan eksternal sepertinya sangat berpengaruh, sob. Di rumah, sang remaja seperti orang baik karena takut sama orang tua. Di luar rumah, remaja terpengaruh dengan lingkungan. Makanya tidak heran lagi, banyak orang tua kaget mendengar anaknya yang dianggap baik dan lugu, ternyata melakukan prilaku menyimpang di luar sana...
    Terima kasih sharenya sob. Menambah wawasan tentang krisis moral remaja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bange, kebanyakan remaja bersikap seperti itu .
      di rumah remaja seperti orang baik tetapi ketika diluar remaja terpengaruh dengan lingkungan
      terima kasih atas kunjungannya :)

      Hapus
  2. mau seperti apa masa depan Indonesia kalau pemudanya sudah seperti itu..ckckck..
    kalau aku mengisi masa muda dengan prestasi dan naik gunung, buat ngelihat indahnya alam Indonesia ini :))
    salam Epicentrum mampir ya kakaaak :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheehe bener banget tapi tidak semuanya seperti itu :)
      banyak kok anak" yang berprestasi diluar sana
      terima kasih atas kunjungannya :)

      Hapus
  3. Jadi remaja zaman sekarang emang banyak banget godaanya. Harus pinter-pinter milih temen pergaulan ya emang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget, kalo salah pilih temen bisa berabe hehehe
      terima kasih atas kunjungannya :)

      Hapus
  4. Sebenarnya mungkin kebanyakan rata - rata orang tua sudah benar mendidik anaknya, hanya saja menurut aku jaman modern ini terlalu vulgar bagi generasi muda kita, pemerintah seperti kurang peka dalam menyaring kemajuan jaman yang akan berdampak pada generasi muda kita. Misalnya saja sekarang ini anak kecil benar2 100% dapat mengakses internet secara bebas tanpa adanya batasan. Acara2 dan film2 di TV yang tak mendidik. Mode pakaian dan segala perilaku yang sudah berkiblat ke barat yang menjunjung tinggi simbol kebebasan yang membuat dasar iman kebanyakan anak muda gampang terbawa arus yang negatif. DLL. Saya nyumbang ini saja nanti ndak kebanyakan coretannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimah kasih atas sumbangannya hehhe :)
      sumbangannya singkat padat dan jelas :)

      Hapus
  5. Sebenarnya anak Punk itu sama dengan kita semua, kitanya aja yang suka mebeda-bedakan mereka dengan yang lainnya.
    Emangnya mereka pernah nyakitin lo? gue yakin nggak pernah ya.
    Gue kasih tau ya, punk itu bukan gaya yang ikut-ikutan. Tapi punk adalah jiwa, bagaimana kita jujur dengan diri kita sendiri.. nice post :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang :D gue ga membeda-bedakan kok, gue cuma menulis apa yang ada dipikiran gue
      hehehe terimah kasih telah berkunjung :)

      Hapus
  6. remaja sekarang ini memang gitu sih keadaannya -_-
    eh, btw follow balik dong blog gue, hehe >> mahasiswahyu.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga semua nya begitu
      terima kasih telah berkunjunjung
      udah difollow back #6 :)

      Hapus
  7. Biasalah anak cowok yang lagi cari jati diri.. :D saya mau ninggal Saran aja deh..

    saya barusan baca artikel barunya yg tentang Contekan, setelah saya bandingkan dengan artikel yg lain, artikel contekan itu jauh lebih berkembang dan banyak sentuhan Humornya.

    coba kalau lagi kehabisan ide, buat aja artikel Humor tentang pengalaman lucu yang pernah mbak alami.. :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung. Jangan lupa tinggalkan komentar ya. :)