Sabtu, 22 Februari 2014

5 faktor Penyebab Pelajar Malas Belajar

5 faktor Penyebab Pelajar Malas Belajar

5 faktor Penyebab Pelajar Malas Belajar - akhirnya gue bikin postingan baru lagi, udah sekian lama nggak posting. Gue gak konsisten banget ya, maklum gue sibuk sekolah, habis pulang sekolah malah tidur, terus bangunnya BBM-an twitteran , ngerjain tugas, ditambah lagi ada rasa males buat posting dibenak gue, takutnya nggak ada yang baca sih.

Tapi akhirnya gue posting juga nih tentang faktor-faktor penyebab pelajar malas belajar, berhubung gue pelajar yang pastinya gue tau banget nih, kalian juga pasti tau kan. Gue jelasin nih pengertian belajar dan malas biar kagak salah artinya.

Belajar adalah sebuah proses perubahan di dalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti  peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dan kemampuan-kemampuan yang lain.

Malas diartikan sebagai keengganan seseorang untuk melakukan sesuatu yang seharusnya dia lakukan. Malas adalah menolak tugas, tidak disiplin, tidak tekun, rasa sungkan, suka menunda sesuatu, mengalihkan diri dari kewajiban, dll.

Bagi sebagian pelajar belajar sangat-sangat membuat bosan, ditambah lagi zaman sekarang. Namanya juga anak zaman. Seperti gue lah, kalo gue sih kalo males, males banget. Kalo rajin, rajin banget, tergantung mood juga sih.

Sekarang gue mau bahas 5 faktor penyebab pelajar malas belajar :

1.  Pacaran

Siapa coba yang nggak kenal yang namanya “P-A-C-A-R-A-N”, Gak pacaran gak gawl. Iya kan ? iya kan ? kalo sekarang sih pacaran udah biasa, hal yang trend dikalangan remaja-remaja unyu seperti gue. Anak SD aja udah kenal yang namanya pacaran, masa lo nggak. Kemaren gue lihat anak SD gandengan tangan pas banget lewat depan gue, miris cyiiin gue lihatnya. Anak kecil gitu udah punya pacar, kalo pacar gue mana ? aduh, jadi curhat gini. 

Nah kalo pelajar yang suka pacaran biasanya males banget belajar atau ngerjain PR(Pekerjaan Rumah), padahal itu tugas dari guru loh. Doi lebih mentingin pacar dibanding dengan gurunya. Udah deh jangan mentingin pacar, mending mentingin gue. Sapa tau kita jodoh atau jadi pacar kedua juga boleh. Eh maaf deh, maksud gue mending mentingin belajar daripada mentingin pacar entar juga putus. Pacar pan kagak menuntun dimasa depan kita.

2. Game Online
5 faktor Penyebab Pelajar Malas Belajar

Game Online itu apa sih ? jawab aja sendiri ya, masa kagak tau. Biasanya cowok yang suka banget bermain Game Online. Cowok lebih mentingin bermain game online dibanding belajar. 
Bukan itu saja pelajar yang suka main game online juga suka lupa makan, lupa minum, lupa mandi, lupa sama pacar, lupa jalan pulang.

Sampe lupanya doi pake celana dalam aja diluar kayak spiderman, pake sepatu kebalik yang harusnya di kaki kanan malah di pake di kaki kiri. Padahal bermain game online hanya buang-buang waktu dan boros uang. Mending uangnya buat ajak makan gue. Lumayan kan bisa makan bareng sama cewek cantik.

3. Banyak Kegiatan

Misalnya 1)banyak kegiatan ektrakulikuler di sekolah seperti Theater, biasanya kalo ada lomba-lomba gitu, latihannya pasti ekstra banget, dari pagi sampe malem. Kalo udah kayak gitu yang pastinya capek banget, langsung tepar di tempat tidur terus gak bangun-bangun dah. Belajar pun jadi diabaikan. 2)Banyak kegiatan sama teman-teman, kalo udah kumpul-kumpul sama teman gak cukup satu dua jam, pastinya seharian. Saking asyik sama teman malah lupa sama Belajar dan PR.

4. Pengaruh Hp

Kalo Hp udah pastinya menjadi penyebab pelajar malas belajar, gue sendiri sebagai pelajar juga ngerasain. Yang pastinya kalian udah tau apa saja yang menyebabkan Hp menjadi penyebab malas belajar. 

·         SMS
Belajar sambil SMSan  bisa-bisa konsentrasi belajar jadi kacau, retak berkeping-keping kayak hati yang sedang baca artikel ini. Bales SMS dari gebetan atau pacar, terus belajar, terus lanjut SMSan lagi, terus belajar, seterusnya kayak gitu. Kalo Belajar Sambil SMSan gimana gak kacau konsentrasinya.
·         BBM
Mungkin hanya beberapa remaja yang kagak punya pin BB(Blackberry). BBM sih gak jauh beda sama SMSan, sama-sama mengganggu konsentrasi saat belajar. kalo udah BBMan sama gebetan atau pacar yang pastinya lupa segalanya tuh, mungkin belajarnya 2% BBMan 10%.
·         Twitter dan  FB
Twitter dan FB berpengaruh juga terhadap malesnya pelajar untuk belajar. Sosial media yang dua ini pasti udah pada tau kan. Remaja zaman sekarang sih pastinya lebih aktif di twitter daripada FB. Ngetweet seenak jidat, mention sama temen-temen, gebetan, atau pacar sampe menuhin TL dari atas sampe bawah semuanya mentionan doi, dan akhirnya lupa waktu dan lupa ngerjain Tugas yang udah bejibun banyaknya.
kalo di FB tempat yang paling asyik buat chat sama gebetan. Ceilah ini mah gue banget kayaknya.


5. Bergantung pada teman yang pintar


kalau apa-apa selalu bergantung pada teman, ini anak pasti udah pemalas banget. Pelajar yang bergantung pada temen yang pintar  biasanya dikarenakan nggak mengerti sama pelajaran tertentu, atau emang itu pelajar pemalas pake banget. Kalau udah bergantung pada teman yang pintar yang pastinya doi sama sekali nggak ada niat mau belajar atau ngerjain tugas. Kalo ada hapalan doang, baru dah usaha sendiri.


yuk, mulai sekarang kita sama-sama lebih semangat lagi belajar. Kalo ada PR langsung kerjain aja, jangan menunda-nunda waktu,  dan jangan bergantung sama teman yang pintar, kagak baik loh. Kalo tugas udah selesai hati terasa ploooong.


Ok, segitu dulu 5 faktor penyebab pelajar malas belajar versi gue. kalo penyebab kalian malas belajar itu nomor berapa sih ? isi dikomentar ya.

5 faktor Penyebab Pelajar Malas Belajar
Pesan dari om cat
Sumber gambar:

14 komentar:

  1. hahaha kalo aku sih karena TWITTER :D
    tambahan aja mbak, mending alasan malas belajar adalah gara2 media sosial dimasukin ke nomer 6 :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. media sosialnya udah ada di nomer 4. sengaja kaga gue taro di nomr 6 karna gue lebih suka judulnya 5 faktor daripada 6 faktor ^^

      Hapus
  2. wew .punya blog ternyata .gmn cara bikin nya ?? :v

    BalasHapus
  3. ....,waktu jaman sma, ,, itu fakta saya semua hahahha .........


    BalasHapus
  4. kalo gue sih karena game online :D hampir tiap hari stay depan komputer terus sampe nyokap mulut harimaunya keluar kwokwow

    BalasHapus
  5. kalo gue sih karna game online, hampir tiap hari stay depan computer :v sampe2 nyokap ngeluarin kata2 yang gimanaaa gituu *ehhh maksutnya diomelin

    BalasHapus
  6. Bergantung pada teman yang pintar, apalagi teman yang pintar itu mau aja di minta tolongin. Begitulah.

    BalasHapus
  7. cie yang udha lulus sekarang udah lulus ya mbak? atau kaka dulu ikut ekskul teater?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum lulus kok, baru aja naik kelas 11. Pernah ikut ekskul tapi gak sampe 6bulan udah out :D

      Hapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung. Jangan lupa tinggalkan komentar ya. :)